31 Jul 2015

Pilih ebook atau aplikasi?

Baca Juga

Saat ini, banyak format yang bisa dibuat untuk menyajikan ebook. Bisa statis dalam bentuk pdf, dinamis sehingga pembaca bisa berinteraksi (buku anak), bahkan bisa dalam bentuk video book.
Masing-masing punya kelebihan. Dari proses pembuatan, ebook statis lebih mudah dan cepat. Sedangkan yang dinamis, prosesnya jauh lebih lama dan membutuhkan keahlian khusus.

Buku anak, memang lebih baik bila dibuat interaktif. Buku menulis, misalnya. Dibanding menggunakan pdf, tentu anak lebih senang bisa menulis di perangkat yang digunakannya, ditambah dengan bunyi-bunyian yang menarik bagi anak-anak. Kekurangannya, bila ganti perangkat, tentu harus menginstal aplikasi lagi di perangkat lain. Cukup merepotkan dan tentu saja membuat penuh memory perangkatnya. Bagaimana bila kita punya banyak ebook dengan berbagai tema? Saya yakin pembeli enggan menginstal banyak aplikasi di perangkatnya.
Berbeda dengan ebook statis, cukup menggunakan pdf. Tidak perlu menginstal aplikasi lagi karena tersimpan di Library Google Play. Bisa dibaca di mana saja, selama menggunakan akun yang sama.

Penulis dan pengelola www.ebooku.id.


EmoticonEmoticon