2 Jun 2017

Mengubah Kebiasaan Buruk Peserta Didik

Baca Juga

Pendidikan kita saat ini sedang dihadapkan pada masyarakat informasi. Sebagaimana kita ketahui bahwa masyarakat informasi adalah suatu keadaan masyarakat dimana produksi, distribusi dan manipulasi suatu informasi menjadi kegiatan utama.
Paguyupan-paguyupan terbentuk begitu banyak di dunia maya sehingga menjadikan pertukaran informasi semakin cepat. Sebuah peristiwa akan segera menjadi trending topic, menjadi pembicaraan orang banyak, dan menimbulkan aksi sosial yang sangat cepat.
Tidak terkecuali adalah pendidikan. Wali murid yang tidak puas dengan kebijakan sekolah akan dengan mudah menulis argumen di jejaring sosial atau blog-blog. Dalam hitungan detik, opini tersebut akan segera diteruskan, dikomentari, di-like, di-follow, dan pada akhirnya menjadi bola salju yang semakin besar.
Berdasarkan permasalahan tersebut, di sinilah arti pentingnya guru harus menyadari bahwa apapun yang terjadi pada saat pembelajaran, guru harus melakukan evaluasi diri dalam melakukan pembelajaran. Sedangkan sekolah punya kewajiban untuk menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat.
Buku berjudul Dahsyatnya Pendekatan Evaluasi Internal untuk Mengubah Kebiasaan Buruk Peserta Didik di dalam Kelas ini berupaya menjadikan seorang guru bisa melihat permasalahan yang terjadi di kelasnya dengan bijaksana. Guru akan menggunakan seluruh potensinya untuk mengenali peserta didik, menemukan solusi dari setiap permasalahan di kelas, dan menjadikan semua situasi menjadi media pendidikan.

Mengubah Kebiasaan Buruk Peserta Didik

Penulis dan pengelola www.ebooku.id.


EmoticonEmoticon